Rabu, 04 Desember 2013

Ayo senyum bro

Senyum memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Seorang ulama, Athif Abul ’Id pernah berkata, ”Tersenyumlah, karena senyuman Anda akan menutup pintu kesedihan dan keputusasaan, sekaligus menerangi lampu-lampu kelonggaran dalam kehidupan kita.”


Banyak yang belum menyadari betapa dahsyatnya kekuatan senyuman. Senyum telah memberikan gambaran jiwa seseorang. 

Ada orang yang senyum karena terpaksa ada pula senyum karena ketulusan jiwa. 

Ada yang senyum karena kemarahan dan ada senyum karena kebahagiaan. 

Ada senyum ejekan dan ada pula senyum kekaguman. 

Ada senyum kebencian dan ada pula senyum penuh kasih sayang. 

Senyum menjadi sarana komunikasi non verbal. Dari senyum ada gambaran raut muka yang bisa dibaca. Di balik senyum itu ada pesan masa depan, ada rasa optimis, ada cita-cita yang senantiasa menggelora.

Senyum adalah ungkapan perasaan seseorang. Orang yang sering tersenyum karena terpaksa, jiwanya selalu diliputi oleh ketidakjujuran dan kegundahan. Ada pertentangan antara batin dengan wajah yang ditampakkan. 

Senyum kemarahan, selalu menyimpan perasaan dendam. 

Senyum ejekan, sering diiringi dengan tertawa ejekan pula. 
Senyum kebencian, diringin dengan ungkapan kemarahan di dalam hati. Semua itu memiliki dampak negatif yang hanya akan melemahkan diri sendiri.

Sangat berbeda dengan senyum yang Jujur. Senyuman yang jujur keluar dari hati yang jujur. Hati yang jujur selalu berfikir memberi yang terbaik, apa itu untuk orang lain atau diri sendiri. Senyum yang jujur selalu berdampak positif terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Bagi diri sendiri senyuman mampu membentuk perilaku. Perilaku orang-orang yang memiliki akhlak mulia tampak dari senyuman yang jujur. Senyum kebahagiaan, senyum kekaguman, senyum kasih sayang, senyum ketulusan jiwa adalah senyum yang jujur. 

Orang yang berhati mulia akan tersenyum bahagia manakala dirinya atau orang lain berbahagia. Orang yang berhati mulia akan tersenyum dan mengakui kelebihan orang lain, mengagumi orang yang memiliki prestasi. 

Orang yang berhati mulia akan senantiasa memelihara senyum kasih sayang dengan penuh ketulusan kepada sesama. Itulah energi positif yang akan senantiasa memberikan kekuatan setiap manusia.

Untuk orang lain, senyum memiliki kekuatan yang dahsyat. Senyum bisa menghancurkan hati yang membatu. Senyum bisa mencairkan suasana yang beku. Senyum bisa mendekatkan hati yang sedang berjauhan. Senyum bisa membuka hati yang sedang terkunci. Senyum bisa menjadi jaring hati yang sedang menabur benci. Senyum juga bisa membuka peluang untuk menang. Dengan senyum orang bisa menaklukkan dunia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mempunyai rasa simpati kepada teman yang memiliki wajah berseri-seri. Wajah yang senantiasa menampakkan persahabatan. Wajah yang senantiasa memberikan inspirasi untuk selalu optimis. Wajah yang selalu memberikan harapan.

Ada sahabat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW itu seperti kita semua, kecuali bahwa beliau itu manusia yang mulia serta lembut tertawa dan tersenyumnya. Itu adalah gambaran senyum ketulusan, senyum kejujuran, senyum kemuliaan yang tidak memiliki tendensius. Tidak memiliki harapan dari orang lain, kecuali kemuliaan sejati.



Kini saatnya para remaja mulai membangun jaringan hati, jaringan simpati, jaringan naluri untuk membangun optimisme dalam diri. Jaringan yang bisa mempengaruhi diri dalam merancang masa depan. Jaringan yang mampu menguatkan hubungan antar sesama. Jaringan yang mampu membuang permusuhan dengan orang lain dan mampu menguatkan rasa percaya diri. Itu semua akan terpancar dari ekspresi senyum yang tulus suci.

Sungguh, kemuliaan sejati akan selalu muncul dari hati yang bersih. Hati yang senantiasa mendapat pancaran Ilahi. Hati yang senantiasa selamat dari jebakan godaan dunia yang tampak indah, tetapi sesungguhnya menyesatkan.

Senyum yang tulus bisa menjadi magnet bagi orang lain. Ekspresi wajah yang ramah senantiasa cerah dan menyenangkan. Mampu mewakili hati yang jujur, yang tulus, dan penuh persahabatan dengan siapapun. Setiap bertemu dengan orang lain bisa menjadi sahabat yang baik. Remaja seperti ini akan bisa menyambut siapapun dengan penuh kehangatan tanpa kebencian. Di sinilah berbagai peluang untuk mengubah dunia terbuka lebar dan menjadi kekuatan yang sangat dahsyat.

Tersenyumlah ....
Posted By: Zulf

Ayo senyum bro

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berkomentar, yang kurang sopan (maaf) akan segera saya hapus...

List Lagu Pilihan

Soundcloud tampil baik dengan Chrome (gak muncul? ganti browsernya)

Hubungi Saya

Online tidak setiap saat, Text aja 081220350360


© JangSeu..! All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates