Kamis, 05 Desember 2013

Pepaya didepan rumah,tumbuh sendiri dan berbuah

Sisa hasil petik minggu ini
Rasanya udah gak keitung, berapa jumlah buah pepaya gratis yang kami petik, dari pohon pepaya di depan rumah, rasa-rasanya pohon pepaya ini hadir, tidak lama setelah kelahiran anak pertama saya, kami merasa tidak menanam, pohon ini muncul sendiri di pojokan halaman, tumbuh tinggi, sampai sekarang mungkin tingginya udah ada 4 meteran,

Dalam seminggu setidaknya ada 2 buah pepaya yang matang, lumayan tambahan gizi dan gratis lagi (Alhamdulillah...nuhun gusti....), kemungkinan  pohon pepaya ini tumbuh dari biji yang terbawa air hujan, mengingat halaman seringkali banjir kalo hujan datang karena limpasan air dari gang di samping rumah.

Mungkin yang dirumah seperti ci umy ataupun ci ade udah pada bosen makan pepaya, maklum sekarang lagi musim buah mangga, jadi lebih milih buah mangga dibanding buah pepaya, padahal pepaya di depan rumah gak kenal musim, tiap minggu ada aja buahnya yang bisa di petik...

Pepaya ini sebetulnya di Sebut juga sebagai buah betik atu Buah Kates, Buah ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan juga Amerika Selatan, namun pada perkembangannya kini buah Pepaya ini sudah tersebar keseluruh dunia

Dari atas ke bawah pepaya memiliki banyak manfaat, oke kita mulai dari daun nya aja dulu ya....


Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. saya sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).


itu baru daunnya......

kalo bijinya biasanya kita buang kan..? eit tunggu dulu, Biji pepaya, di luar dugaan, juga bermanfaat, karena itu jangan membuangnya. Biji hitam dengan selaput bening ini memiliki nutrisi penting dengan khasiat diantaranya

Antibakteri, yang efektif melawan bakteri E. coli, Salmonella, dan infeksi Staphylococcus.

Menjaga kesehatan ginjal.
Ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal.

Membunuh parasit dalam pencernaan.
Sudah ditemukan bukti bahwa biji pepaya mampu memberantas parasit dalam pencernaaN. Dalam sebuah studi terhadap anak-anak Nigeria yang mengidap parasit dalam pencernaan, 76,6 persennya dinyatakan bebas parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji pepaya.

Membersihkan hati dari racun-racun.
Dalam pengobatan China, satu sendok teh biji pepaya dapat membantu mendetoksifikasi hati (liver). Oleh karena itu biji pepaya sering direkomendasikan dokter-dokter naturopati untuk perawatan cirrhosis liver (pengerasan hati).

Nah sekarang buahnya, manfaat asyiknya pepaya diantaranya......
Terus berbuah gan...

Melancarkan proses pencernaan
Buah pepaya mengandung serat yang cukup banyak sehingga mampu memperlancar proses pencernaan, hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah susah buang air besar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Selain kaya serat buah pepaya juga mengandung vitamin C dan A yang cukup banyak sehingga mampu meminigkatkan sistem imun dalam tubuh anda, sehingga anda akan menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke
Buah peaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dan kandungan antioksidan ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang nantinya dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Menjaga Kesehatan Mata
Bauh pepaya mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, mengkonsumsi buah pepaya secara teratur dipercaya dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mata.

Sebagai Menu Diet
Selain mengandung serat yang tinggi untuk memperlancar pencernaan, buah pepaya juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu diet anda. Selain itu enzim papain dalam bvuah pepaya juga mampu mendorong metabolisme tubuh yang sempurna dan dengan cepat akan menghapus kelebihan lemak.

Memperlancar Haid
Bagi anda yang mengalami sirkulasi haid yang kurang teratur, anda bisa mencoba mengkonsumsi jus pepaya untuk memperlancar siklus haid anda agar teratur. Selain itu, enzim dan nutrisi penting lainnya di dalam buah pepaya juga mampu menurunkan resiko terkena kanker Serviks lho...!

Banyak manfaatnyakan....yuk kita makan pepaya...! nyam..nyam.....

Tinggal am...! enak kan..?

Di Subang juga ada perkebunan pepaya jenis California, kalo gak salah di sekitar Sidodadi, mantaplah..nu jelas menguntungkan pisan dan bermanfaat...



Posted By: Zulf

Pepaya didepan rumah,tumbuh sendiri dan berbuah

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

4 komentar:

  1. iya nih q setuju banget....di depn rumahku juga tumbuh pohon pepaya....kata orang orang harus di tebang ...bisa membawa sial.kita kembali ke pada_Nya.tumbuhan pun juga ingin tumbuh.kita baik..hasilnya pun juga baik..dan sebaliknya.

    BalasHapus
  2. Tanam lagi biji nya kang. Siapa tau bisa jadi juragan pepaya. Hmmmm

    BalasHapus
  3. ok bingit...pepaya, anakku juga doyan pepaya, tp pepaya baru semeter....yah masih lama...

    BalasHapus
  4. Di depan rumah. Saya tumbuh sendiri pohon. Pepaya nemplok di tembok biar akar ngga yammpe tanah tapii subur baanget,
    Ttg pd nyaraninsuruh tebang , tapi saya. Bingung, karena ngga mengganggu, malah keliatan unik,, baiknya gmn yah,,

    BalasHapus

Mari berkomentar, yang kurang sopan (maaf) akan segera saya hapus...

List Lagu Pilihan

Soundcloud tampil baik dengan Chrome (gak muncul? ganti browsernya)

Hubungi Saya

Online tidak setiap saat, Text aja 081220350360


© JangSeu..! All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates