Rabu, 04 Desember 2013

belajar pake motor matic

Tulisan ini saya buat karena akhir-akhir minggu ini, saya sering harus menemani Istri saya untuk belajar motor, tepatnya belajar naik motor matic, sebagai pengajar (naik motor matic) sebetulnnya saya bisa dibilang gak termasuk orang yang sabaran kalo ngasih ilmu pake motor, 

makanya istri saya sempet illfill waktu diajarin pake motor matic, katanya "maenya umy kudu ngabonceng aby nu sakitu badagna..?", metoda saya yang pertama, yang mana saya dibelakang, istri didepan mengendalikan motor (saya sebagai penyeimbang bilamana motor oleng) ditolak si cumy katanya berat, hooh emang berat, 115 kg dan terus bertambah.. :).

Bisa dibilang menunggangi motor matic memang sangatlah mudah karena sepeda motor yang satu ini tak harus menggunakan perseneling maupun kopling. Hanya dengan menyalakan mesin dan menarik gas maka motor praktis ini pun akan dapat meluncur.




Untuk itu, pada dasarnya memperlakukan motor matic dengan motor non matic tak lah mengalami perubahan yang banyak tapi memang ada yang harus di garis bawahi yakni penyesuaian dan juga keterbiasaan seseorang. Sudah seperti yang kita tahu bahwa orang yang bisa itu karena sudah terbiasa, berikut ini adalah tips yang mungkin dapat membantu anda dalam mengendarai motor matic:




  1. Pada saat kawan ingin menghidupkan mesin maupun akan menekan tombol starter di tangan jangan lupa terlebih dahulu untuk menekan rem dan sebaiknya anda menggunakan rem belakang sehingga tangan kanan anda dapat memegang handle gas dengan baik.                                     Ini dilakukan agar pada saat anda memutar gas dapat mencegah motor matic melompat, karena seringkali posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin melalui roda belakang dan juga biasanya pada orang yang baru bisa naik motor selalu memutar gas tak tanggung-tanggung.
  2. Apabila anda sudah terlalu biasa menggunakan motor dengan perseneling, pengaturan gas mungkin belum dapat anda mainkan degan lancar karena pengaturan gas antara motor dengan gigi dan juga motor matic memang berbeda.
  3. Anda sebaiknya mengenal terlebih dahulu gas motor matic, sebaiknya sebagian motor matic bisa anda lengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang meskipun terkesan sedikit lambat tapi ini dapat membantu anda dalam menjaga keselamatan
  4. Kendali rem, rem belakang pada motor non matic biasanya digerakkan dengan kaki sementara rem belakang motor matic digerakkan melalui tuas rem. Saat anda menggunakan 4 jari saat mengereman anda bisa menggunakan rem belakang saja apabila ingin rem.



Posted By: Zulf

belajar pake motor matic

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berkomentar, yang kurang sopan (maaf) akan segera saya hapus...

List Lagu Pilihan

Soundcloud tampil baik dengan Chrome (gak muncul? ganti browsernya)

Hubungi Saya

Online tidak setiap saat, Text aja 081220350360


© JangSeu..! All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates